Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan dan Isinya serta Contohnya, Yuk Ketahui!

Ketika mengunjungi sebuah website atau menggulir media sosial, kamu pasti pernah menjumpai adanya beberapa iklan. Iklan tersebut bisa berupa iklan produk, jasa, atau bahkan iklan layanan masyarakat.

klan memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan, maupun organisasi tertentu. Karena digunakan untuk berbagai kepentingan, maka tak heran ada banyak sekali jenis-jenis iklan yang bermunculan di berbagai media.

Iklan memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan, maupun organisasi tertentu. Karena digunakan untuk berbagai kepentingan, maka tak heran ada banyak sekali jenis-jenis iklan yang bermunculan di berbagai media.

Artikel ini akan membahas jenis-jenis iklan secara spesifik. Untuk itu, simak artikel ini sampai habis, ya.

Pengertian Iklan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring mendefinisikan iklan dalam dua pengertian, yaitu:

  • berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
  • pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Adapun Ilona Vicenovie dalam Modul Pengantar Periklanan mendefinisikan iklan sebagai berikut:

  • Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak/orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan
  • Iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak/orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar/koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet.
  • klan adalah bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seorang pembeli potensial dan mempromosikan penjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik, memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan pemasang iklan.

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa iklan adalah sarana komunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau produsen guna menyampaikan informasi tentang produk atau jasa kepada publik.

Tujuan Iklan

Terence A Shimp dalam bukunya yang diterjemahkan berjudul Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu mengemukakan empat tujuan utama iklan, yaitu sebagai berikut:

  • Informing (memberikan informasi), periklanan membuat konsumen sadar akan adanya merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
  • Persuading (mempersuasi), iklan yang efektif akan mampu membujuk konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
  • Reminding (mengingatkan), iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen.
  • Adding Value (memberikan nilai tambah), periklanan memberikan nilai tambah dengan cara penyempurnaan kualitas dan inovasi pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top