15 Contoh Iklan Video Terbaik [2024]

Baik Anda melakukan outsourcing konten periklanan kreatif ke agensi pihak ketiga atau mencoba membuat iklan video internal dan menghasilkan iklan video yang lebih baik, contoh-contoh ini adalah beberapa petunjuk terbaik untuk bertukar pikiran pada tahun 2024 dan seterusnya. Saat Anda melihat contoh iklan video, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang:

  • Tren periklanan apa yang mungkin akan mengambil alih dalam beberapa bulan mendatang
  • Batasan yang saat ini didorong oleh pengiklan
  • Tingkat kualitas yang diharapkan oleh pemirsa saat ini

Untuk menentukan tren, Anda harus mengenalinya. Lihatlah di bawah daftar contoh iklan video teratas tahun lalu yang telah kami kumpulkan untuk kita ikuti di tahun baru.

15 Contoh Iklan Video Menakjubkan (untuk tahun 2024)

1. Kesadaran Merek:

Coca-Cola sudah tidak asing lagi dengan pembuatan iklan, karena iklan sudah ada lebih lama dibandingkan TV itu sendiri. Maka tidak mengherankan jika iklan “Masterpiece” ini adalah sebuah mahakarya tersendiri. Namun di luar efek mencolok dan premis lucu, iklan ini mampu bersikap santai dan berkata, “Kamu tahu apa itu Coke, ayo bersenang-senang!” Tidak ada salahnya untuk memberikan sedikit referensi Warhol untuk mengingatkan pemirsa bahwa Coke telah cukup lama berada dalam zeitgeist budaya untuk menjadikan botol ikoniknya sebagai karya seni tersendiri.

2. Fokus Laser:

Terkadang dengan iklan, penting untuk memiliki fokus. Seringkali suatu produk memiliki 4 atau 5 fitur hebat yang dapat dipasarkan, namun kunci keberhasilan kampanye iklan adalah mengetahui satu atau dua fitur utama yang seharusnya. Dalam iklan ini Apple menunjukkan bahwa mereka memahami konsep tersebut secara sempurna dengan menyempurnakan fitur peredam bising pada headphone baru mereka menggunakan metafora visual yang brilian.

3. Volvo:

Mengasuh anak membuat stres. Meskipun Anda belum pernah memiliki anak, semua orang memahami bahwa bayi cukup rentan. Iklan ini menghabiskan cukup banyak waktu untuk menampilkan proses melelahkan dalam membuat rumah Anda aman bagi bayi, namun kecemerlangan sebenarnya dari iklan ini terletak pada apa yang tidak ditampilkannya. Mengiklankan fitur keselamatan mobil Anda dengan tidak menampilkan sebagian besar fitur tersebut menyiratkan kemudahan penggunaannya dan Volvo melakukannya dengan sempurna dalam iklan ini.

4. Bakat Selebriti:

Sejak awal mula periklanan, akting cemerlang selebriti telah digunakan untuk meningkatkan popularitas dan ketenaran menjadi loyalitas merek. Namun sering kali, selebritas hanyalah sepotong teka-teki yang bisa digantikan oleh orang-orang papan atas mana pun yang punya denyut nadi. Namun untuk tempat ini, grup DVI dapat bekerja sama dengan sensasi Youtube Marquese Scott untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa. Dengan memahami talenta yang mereka pekerjakan, grup DVI mampu membuat iklan yang tidak hanya menonjolkan produknya namun juga berdiri sendiri sebagai karya seninya sendiri. Tidak heran iklan ini meraih 10 penghargaan industri bagi perusahaan!

5. Produk yang Ada di Mana-Mana:

Seringkali suatu produk atau perusahaan menjadi begitu meresap sehingga namanya menjadi identik dengan produk atau layanan tersebut; pikirkan Kleenex (atau bahkan Escalator). Beberapa perusahaan mencoba menghindari hal ini dengan mengubah terminologi pemasaran mereka. Misalnya, Adobe berupaya semaksimal mungkin untuk membuat orang-orang menghentikan “Photoshop” gambar, melainkan “Menyempurnakan menggunakan Adobe® Photoshop®.” Google, sebaliknya, mengambil arah berlawanan dalam iklan ini. Mereka ingin mengingatkan Anda bahwa dalam segala hal yang Anda lakukan, di setiap langkah perjalanan Anda, mereka selalu ada, dan mereka memiliki layanan untuk membantu Anda.

6. Menggunakan Emosi:

Seringkali suatu produk atau perusahaan menjadi begitu meresap sehingga namanya menjadi identik dengan produk atau layanan tersebut; pikirkan Kleenex (atau bahkan Escalator). Beberapa perusahaan mencoba menghindari hal ini dengan mengubah terminologi pemasaran mereka. Misalnya, Adobe berupaya semaksimal mungkin untuk membuat orang-orang menghentikan “Photoshop” gambar, melainkan “Menyempurnakan menggunakan Adobe® Photoshop®.” Google, sebaliknya, mengambil arah berlawanan dalam iklan ini. Mereka ingin mengingatkan Anda bahwa dalam segala hal yang Anda lakukan, di setiap langkah perjalanan Anda, mereka selalu ada, dan mereka memiliki layanan untuk membantu Anda.

7. Klasik Lokal:

Apakah ada sesuatu yang lebih dapat diprediksi daripada iklan dealer mobil lokal. Saya tidak sepenuhnya yakin bagaimana ini dimulai atau mengapa ini berlanjut, tetapi semuanya terasa serupa. Seorang penjual mobil yang terlalu riuh meneriakkan penawaran kepada Anda di depan layar hijau berkualitas rendah. Iklan ini tidak berbeda, tetapi tampaknya memahami hal itu. Dengan sentuhan sirkus carnie yang menyenangkan seperti biasanya, sulit untuk tidak tersenyum sedikit pun saat menontonnya. Mungkin tidak semua iklan memerlukan anggaran PDB suatu negara kecil agar dapat berfungsi.

8. Penggunaan Foto:

Foto selalu menjadi cara untuk mengenang masa-masa indah. Terlebih lagi saat ini hampir semua dari kita memiliki lembar memo digital yang terus bertambah di saku kita. Ada cara yang lebih baik untuk mengingatkan kemungkinan-kemungkinan yang ada di Airbnb selain menunjukkan kepada kita serangkaian gambar diam seolah-olah seseorang sedang menelusuri galeri mereka setelah liburan dan menunjukkan kepada kita kenangan yang mereka buat. Ini adalah strategi yang sederhana namun sangat efektif.

9. Konsistensi Merek:

Dari masa kanak-kanak hingga dewasa, terkadang asyik saja memindahkan kotoran. Iklan siaran untuk Doosan ini dengan sempurna merangkum kesenangan bermain pasir saat masih anak-anak dan paralel dengan penggunaan mesin industri mereka. Melakukan hal ini secara bersamaan membangkitkan nostalgia pemirsa sekaligus secara lebih halus menekankan umur panjang Doosan sebagai sebuah perusahaan. Semua itu hanya dalam waktu 30 detik!

10. Suara dan Animasi:

Animasi selalu memiliki hubungan erat dengan suara. Seringkali, karya animasi terbaik adalah yang menggunakan desain suara untuk menipu pikiran Anda agar percaya bahwa itu nyata. Airbnb mengambil kesatuan itu dan menggunakannya secara berbeda dalam rangkaian iklan ini. Melalui desain suaranya yang cermat, iklan-iklan ini mampu membedakan pengalaman hotel yang sibuk dan menegangkan dengan alternatif iklan yang tenang dan damai. Sambil menggunakan efek suara yang menarik perhatian dan estetika rumah boneka yang unik untuk membuat Anda mengenali iklan tersebut saat Anda melihatnya lagi bahkan tanpa pemirsa memperhatikannya.

11. Penggunaan Kepribadian:

Iklan ini melakukan banyak hal dengan benar. Di satu sisi, ia menggunakan pendekatan yang sangat kreatif terhadap pendekatan klasik “bandingkan layanan kami dengan layanan mereka”. Di sisi lain, ia memiliki gaya visual yang mencolok yang hanya cocok untuk kebugaran planet dan skema warnanya yang “unik”. Namun yang benar-benar menyatukan iklan ini adalah cameo-nya. Megan Thee Stallion memiliki kepribadian yang tersisa dan dia menggunakannya untuk menyampaikan apa, di tangan orang lain, akan menjadi bacaan yang sangat membosankan dan mengubahnya menjadi sesuatu seperti pembacaan dongeng.

12. Video Iklan Produk:

Jujur saja, periklanan sering kali terkesan blak-blakan. Lagi pula, penting bagi perusahaan untuk mengeluarkan puluhan ribu dolar untuk memastikan audiens targetnya memahami apa yang ingin mereka jual. Konsumen sudah terbiasa dengan hal ini, namun sering kali hal ini terlihat memaksa dan, berani saya katakan, membuat mereka merasa ngeri. Hansgrohe dan DVI Group memutuskan untuk mengambil pendekatan berbeda untuk iklan ini. Melalui kombinasi sinematografi yang cermat dan arahan yang cerdas, mereka mampu menampilkan estetika modern yang ramping dari produk-produk Hangrohe tanpa membuatnya terasa seperti sebuah iklan. Nuansa halus dari iklan ini berpadu sempurna dengan sifat produk perusahaan sehari-hari.

13. Bercerita:

Bercerita adalah alat penting yang dapat digunakan pengiklan untuk memengaruhi konsumen. Anda tidak akan menemukan cerita lengkap dengan awal, tengah, dan akhir di setiap iklan, namun bila Anda melakukannya sering kali bisa menjadi sesuatu yang istimewa seperti halnya iklan Super Bowl. Seperti banyak pilihan kami dalam daftar ini, Budweiser mendapati dirinya dalam posisi tidak perlu mengiklankan produk atau layanan baru. Sebaliknya mereka memilih cerita kecil menggemaskan yang berfungsi sebagai pengingat berapa lama mereka telah menjadi nama tepercaya di bar-bar di seluruh dunia.

14. Video Iklan Produk:

Pada musim liburan sering kali para pengiklan menggunakan kemampuan penyampaian cerita mereka untuk tujuan amal atau kampanye yang penuh keceriaan. Contoh video iklan produk ini tidak terkecuali, menampilkan seorang ayah yang menjalankan bisnis kecil-kecilan dan putranya yang sukses ingin membantu. Cerita tentang beriklan dalam video iklan , ini adalah iklan inspiratif dari merek mobil mewah ternama.

15. Iklan Video Di Balik Layar:

Iklan video ini bersifat informal, berisiko tinggi, dan beranggaran tinggi. Ini adalah pesan langsung dari bintang waralaba Top Gun dan Mission Impossible, Tom Cruise, yang dirancang untuk membawa Top Gun: Maverick yang sudah sukses ke dunia streaming sambil tetap memanfaatkan rekor box office yang menakjubkan. Iklan video yang tidak lazim ini dibuat lebih efektif dengan kekuatan bintang yang besar dan visual yang memukau—namun meskipun konstruksinya unik yang mungkin menyulitkan pengiklan pada umumnya untuk menirunya, dengan 4,8 juta penayangan di YouTube (dan terus bertambah), iklan ini adalah sebuah bukti betapa populernya materi di balik layar (BTS).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top