Ini Dia 10 Contoh Iklan Produk Menarik dan Tips Membuatnya!

Sedang menjalankan bisnis dan ingin mencari referensi contoh iklan untuk bisnis Anda? Inilah saat yang tepat! Karena, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan contoh iklan produk yang menarik!

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mempromosikan produk agar dapat menarik minat konsumen. Salah satunya dengan cara beriklan dengan menampilkan foto produk di dalamnya. Apakah Anda salah satu orang yang tengah mencari inspirasi untuk membuat iklan? Sebenarnya tidak perlu bingung karena ada banyak contoh iklan produk yang menggunakan berbagai cara penyajiannya agar dilirik konsumen. Simak contoh & tips membuatnya di sini!

Contoh iklan produk tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan tujuannya. Iklan secara umum bertujuan untuk mengajak, membujuk, dan mendorong orang agar tertarik. Pemasang iklan tentunya harus berusaha menciptakan kreasi yang semenarik mungkin untuk memikat para konsumen

Berikut ini akan kami berikan contoh iklan produk yang memikat konsumen dan bagaimana tips membuatnya!

Apa Itu Iklan Produk?

Iklan produk atau dalam Bahasa Inggrisnya advertisement adalah suatu cara yang digunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan suatu produk. Melalui iklan, pelaku bisnis atau perusahaan berusaha untuk menjangkau audiens dengan mengenalkan produk yang mereka jual beserta dengan fungsinya, dan bagaimana produk tersebut dapat menarik audiens.

Agar bisnis dapat lebih berkembang lagi, tentu diperlukan adanya suatu strategi pemasaran dalam meningkatkan promosi sekaligus juga penjualan. Nah, salah satunya adalah dengan mengetahui contoh iklan produk simple. Untuk menjual suatu produk, pebisnis atau perusahaan dapat mempromosikan produknya melalui iklan untuk menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.

Iklan produk merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal dan diminati masyarakat. Agar lebih paham lagi, Anda bisa pelajari arti serta beberapa jenis dan contoh iklan produk simple berikut ini.

Secara sederhananya, iklan adalah bagian dari informasi yang berisi tentang suatu produk atau layanan beserta dengan manfaatnya. Iklan produk sendiri memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Mengenalkan produk agar audiens terpengaruh untuk membeli produk yang diiklankan tersebut.
  • Menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan audiens akan suatu produk.
  • Membangun kesadaran audiens akan suatu merek.
  • Membangun hubungan dengan audiens sebagai calon konsumen.

Jenis-Jenis Iklan Produk

Berikut adalah beberapa jenis iklan produk yang paling sering digunakan oleh para marketer.

1. Iklan Tradisional

Iklan tradisional atau offline adalah bentuk iklan yang masih melibatkan penggunaan majalah, surat kabar, televisi, radio, dan papan reklame. Saat ini, iklan media cetak mungkin tidak sebesar dulu lagi. Tidak heran, iklan televisi dan radio terus menjadi media populer dalam iklan tradisional.

2. Iklan Online

Iklan digital adalah jenis iklan melalui saluran online berbayar atau saluran digital seperti situs web, mesin pencari, dan saluran lainnya. Waktu telah mempermudah pencapaian iklan online berkat internet. Oleh karena itu, iklan digital memiliki nilai yang lebih tinggi daripada iklan tradisional.

Misalnya jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas, Anda bisa menggunakan Facebook & Instagram ads sebagai media distribusi iklan.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Ada beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat iklan yang menarik, antara lain sebagai berikut.

1. Merencanakan Strategi

Dalam hal ini, Anda perlu memikirkan target pasar iklan Anda. Mulai dari gender, usia, hobi, pendidikan dan juga kelas ekonomi. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan persaingan iklan dari produk pesaing, citra jangka panjang, dan lainnya.

2. Membuat dan Mengembangkan Iklan

Anda dapat memutuskan sendiri jenis iklan apa yang dibuat, apakah ditujukan untuk publikasi cetak, iklan radio-audio, iklan siaran, atau iklan berita elektronik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kalimat utama atau yang biasa disebut slogan atau tagline iklan. Setelah itu, Anda harus membuat deskripsi produk berupa teks, serta tampilan iklannya.

3. Mendistribusikan Iklan

Distribusi iklan dapat disesuaikan berdasarkan iklan apa yang Anda buat. Jika iklannya berupa gambar, Anda dapat mempromosikannya melalui display ads, spanduk, media sosial, iklan, dan sebagainya.

Contoh Iklan Menarik dari Brand Ternama

Berikut ini adalah contoh iklan-iklan menarik dari brand ternama yang bisa menjadi referensi untuk brand Anda.

1. Contoh Iklan Mie Instant Indomie

Contoh Iklan Produk dari Indomie

Banyak sekali produk mi instan yang bertebaran di dunia maya. Namun, Indomie mampu menampilkan iklan yang menarik perhatian berkat slogan yang catchy, yakni “Dahsyat Rasanya!”. Ada visual saran penyajian dari Indomie yang menarik untuk membuat sugesti “makan enak” setiap kali menyajikan Indomie.

2. Iklan Produk Mobil Hyundai

Contoh iklan produk dari Hyundai

Tak hanya fokus ke branding produk, pada iklan ini Hyundai mengajak audiens untuk mencoba langsung produknya dengan kalimat “Test drive now” serta keuntungan yang bisa didapatkan jika konsumen tertarik dengan produknya.

Ditambah dengan kalimat “Dibuat di Indonesia, untuk Indonesia” akan menambah kesan nasionalisme dan rasa bangga jika membeli produk Hyundai.

3. Iklan Produk Skincare WhiteLab

Contoh iklan produk dari Whitelab

Contoh iklan kali ini datang dari produk skincare, yaitu Whitelab. Setelah sukses meluncurkan berbagai jenis skincare, Whitelab mengajak beberapa influencer atau artis ternama untuk mempromosikan bahkan menjadikannya Brand Ambassador untuk mewakili produknya. Salah satu Brand Ambassador yang dipilihnya adalah Sehun of EXO, yang mana Sehun ini cocok untuk menarik minat target market Whitelab, yaitu wanita Indonesia umur 20-35 tahun.

Kalimat copywriting “KULIT CERAH BENDERANG” juga menekankan pada manfaat dari produk yang dijual dan menampilkan Sehun sebagai sosok yang menyarankan atau menjadi role model agar kulit menjadi cerah seperti Sehun.

4. Iklan Produk Es Krim Walls

Contoh iklan produk dari Walls

Walls adalah salah satu perusahaan yang mampu menarik perhatian lewat iklan yang eye catching. Salah satunya terlihat pada iklan produk es krim Feast Wich. Dibanding berusaha menyasar pasar es krim pada umumnya, Feast Wich justru ditujukan sebagai camilan di kala senggang. Ini yang membuat tagline dari produk tersebut adalah “Cemilan untuk lapar tingkat dewa”.

5. Iklan Produk Kebersihan Super Pell

Contoh iklan produk dari Superpel

Contoh iklan produk kali ini datang dari alat kebersihan yaitu Super Pell, didukung oleh background visual yang bersih, dan menampilkan juga semua varian wangi dari Super Pell serta informasi mengenai keunggulan produk lainnya. Dengan copywriting “Jadikan Lantai HIGIENIS dan WANGI Tahan Lama” semakin menambah keyakinan konsumen untuk membeli produk Super Pell ini.

6. Iklan Produk Kartu Telkomsel

Daftar Harga Paket Internet Simpati Terbaru > Contoh Blog

Di zaman yang serba socmed ini, kecepatan dalam berselancar di internet sangat dibutuhkan. Maka dari itu, dalam iklan produk kartu Telkomsel ini mengedepankan copywriting “Makin Gaya dengan Internet Berkualitas” dan harga dari kartu internet tersebut.

7. Iklan Produk Handphone Samsung

Contoh iklan produk dari Samsung Galaxy A03

Iklan produk kali ini adalah produk handphone dari Samsung, dalam satu poster biasanya ditampilkan semua tipe warna dari satu seri handphone yang hendak dipromosikan. Tidak lupa dengan keunggulan setiap handphone seperti “Cuma Sejutaan, Pasti Awesome” dan tidak lupa menuliskan spesifikasi agar konsumen bisa langsung mengetahui handphone yang dimaksud.

8. Iklan Produk Makanan McDonalds

Contoh iklan produk dari McDonalds

Iklan produk McDonalds ini sering ditemui di baliho jalan besar. Pada poster ini McDonalds mencoba mempromosikan paket bundling antara burger, kentang goreng dan minuman coca-cola. Dalam iklan ini diharapkan konsumen membeli “Paket HeBat” seharga Rp30.000-an ini.

9. Iklan Produk Minuman Sprite

Contoh iklan produk dari Sprite

Iklan minuman Sprite biasanya muncul di televisi, namun seringkali juga bisa dilihat di baliho besar dengan penulisan copywriting yang khas “No Bokis”. Ditampilkan juga gambar botol Sprite dan saran penyajiannya menggunakan es batu dan buah lemon. Visual seperti ini akan lebih mudah dibayangkan audiens karena bisa dibayangkan langsung seperti apa segarnya jika meminum Sprite dingin ini.

10. Iklan Produk Sabun Lifebuoy

Contoh iklan produk dari Lifebuoy

Pada iklan Lifebuoy ini menggunakan visual dan presentase yang seirama. Dengan copywriting yang meyakinkan serta warna yang khas, konsumen akan cenderung lebih mengingat iklan dari produk Lifebuoy ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top